Pelatihan Urban Farming di Bantul (Kegiatan Mahasiswa KKN)

Urban farming, Program KKN di Kec. Kasihan Kab. Bantul

Apa yang terlintas di benak kalian saat pertama kali mendengar kata ‘Kuliah Kerja Nyata’ atau KKN? KKN di Desa Penari, cerita yang sempat viral beberapa waktu lalu? Eits, tapi bahasan kita kali ini bukan tentang cerita itu ya. KKN atau kuliah kerja nyata bisa jadi sesuatu hal yang ditunggu bagi sebagian mahasiswa. Sebenarnya banyak hal yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, seperti ilmu, cara bersosialisasi dengan masyarakat umum bahkan teman baru atau mungkin gebetan baru.

Tapi sesungguhnya, tujuan dari KKN itu sendiri sangat banyak loh. Layaknya sebuah praktikum di laboratorium, KKN mengajarkan pada pesertanya untuk belajar berinteraksi langsung dengan masyarakat. Sehingga diharapkan, sebagai lulusan suatu perguruan tinggi, mahasiswa tak hanya pandai secara teori namun juga dapat berbaur dan membagi ilmunya pada masyarakat luas.

Manfaat itu juga yang menyebabkan hampir setiap kampus mengadakan program Kuliah Kerja Nyata. Kegiatan itu tanpa sadar mampu mengeluarkan kreativitas mahasiswa. Dengan ide-ide yang menarik, kegiatan KKN akan semakin menarik minat peserta KKN dan masyarakat yang akan dilibatkan dalam kegiatan. Salah satu kegiatan KKN di Kecamatan Kasihan, Kab. Bantul adalah urban farming. Kegiatan ini dilakukan oleh 10 mahasiswa KKN dengan melibatkan ibu-ibu aisyiah.

Gambar : Pembukaan acara pengenalan urban farming oleh mahasiswa KKN dan ibu-ibu aisyiah di Kec. Kasihan, Bantul

Urban farming merupakan suatu kegiatan yang sekarang marak dilakukan. Pasalnya, kegiatan ini dapat diaplikasikan ke daerah perkotaan yang sangat minim lahan untuk bertani. Perkotaan yang dimaksud dalam konteks ini adalah daerah yang lebih banak rumah daripada lahan bebas yang dapat digunakan sebagai lahan pertanian. Urban farming dapat dilakukan di halaman atau atap rumah, bahkan di pagar rumah lho. Jadi, konsep penghijauan di perkotaan pun dapat sedikit teratasi.

Tugas mahasiswa KKN adalah memberikan edukasi kepada ibu-ibu aisyiah tentang apa itu urban farming, bagaimana konsep urban farming diterapkan di rumah masing-masing dan hal apa yang perlu dilakukan. Edukasi yang diberikan diharapkan dapat memberikan motivasi kepada ibu-ibu di Kec. Kasihan Kab. Bantul untuk mulai menerapkan urban farming dimulai dengan rumah masing-masing. Yuk, mulai konsep urban farming dirumah kalian!

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *