Peluang usaha Microgreen 2021

Saat ini sudah banyak masyarakan yang melakukan berkebun atau melakukan pertanian yang lebih dikenal dengan Urban Farm pada masa pandemi covid 19. Pada beberapa masyarakat terkendala oleh lahan yang kurang oleh sebab itu pakar pertanian atau pemerintah mengenalkan bertani atau berkebun dengan konsep microgreen.

Konsep microgreen sendiri yaitu budidaya sayur belia yang cepat panen, tanaman microgreen yang bisa di konsumsi yaitu :

  • sawi sawian
  • microgreen bayam
  • seledri
  • lobak
  • kangkung
  • daun ketumbar dan kemangi

Berikut tata cara menanam microgreen dirumah

  1. Memilih Wadah untuk media dan media tanam microgreen

Tanaman microgreen tidak memerlukan lahan dan wadah yang besar untuk bisa berkembang, media tanam yang dibutuhkan pun tidak sulit yaitu tanah campuran yang tidak terlalu basah.

  1. Cara menanam microgreen

Saat media tanam sudah siap, kamu cukup menaburkan biji sayuran dengan acak. Kamu boleh menanami satu media tanam dengan jenis biji yang sama ataupun berbeda, setelah di tebar tekan-tekan biji agar masuk ke dalam rongga-rongga tanah.

  1. Menaburkan kembali tanah di atas biji microgreen

penting bagi biji-biji microgreen tertanam dengan baik di dalam tanah, maka itu setelah menaburkan di atas media tanam, tutupi kembali mereka dengan tanah.

  1. Sirami dengan air secukupnya

Letakan wadah tanam microgreen di area rumah yang terkena sinar matahari. Jika di letakan di dalam ruangan, jangan lupa alasi bagian bawahnya dengan baki penahan air. Selanjutnya, siram media tanam dengan air yang tidak terlalu banyak.

Keunggulan sayur belia tanpa pestisida mempunyai segudang manfaat. Mulai dari bergizi, kaya mineral, betakaroten, dan mengandung banyak vitamin lebih tinggi dibandingkan sayuran berukuran besar. Hasil panen pun dapat menjadi makanan sehat bagi tubuh kita, seperti contoh sayur belia dapat dijadikan salad sayur non bahan kimia.

Sayuran-sayuran berbentuk mungil ini dinamakan microgreen karena di panen di usia yang cukup muda, microgreen sendiri dapat dipanen ketika tinggi nya baru sekitar 5 sentimeter.

Sayur-sayuran ini dipanen lebih cepat sehingga nutrisi di dalamnya pun lebih banyak, maka itu sayuran microgreen sangat digemari dan banyak di konsumsi para pecinta healty food.

Cara tanam yang mudah dan hasil panen yang cukup banyak, ini dapat dijadikan peluang usaha di masa pandemi seperti ini.

Silahkan mencoba dan semoga berhasil.

Referensi :

https://hortikultura.sariagri.id/58879/mengenal-microgreen-tanaman-sayur-yang-cepat-panen

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *