Strategi Digital Marketing untuk Sayuran dan Buah-Buahanmu

Digital marketing menjadi terobosan baru di era industri 4.0 ini. Namun, masih banyak orang yang belum mengenal dan menerapkan digital marketing di bisnis mereka. Mari kita mengenali digital marketing lebih dalam lagi. Semua usaha yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki seseorang melalui media digital dapat disebut sebagai digital marketing. Pemasaran jenis ini dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun, asalkan memiliki kemampuan yang mumpuni dan mengetahui strategi yang pas untuk bisnis yang sedang ingin dipasarkan.

Pemasaran bidang agribisnis sampai hari ini masih menggunakan metode konvensional, meliputi penjualan ke tengkulak atau menjual langsung ke pasar. Para petani mulai resah sejak pandemi bermula karena mereka kehilangan pelanggan yang biasa membeli hasil pertanian mereka tidak lagi sering ke pasar. Oleh karena itu, pelatihan digital marketing perlu diterapkan pada para petani sehingga bisa memasarkan hasil pertanian mereka dengan media digital.

Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan google ads dan facebook ads. Hasil pertanian difoto dengan apik lalu diedarkan menggunakan iklan facebook, google maupun instagram. Perlu dilakukan pendaftaran di berbagai tempat tersebut agar foto hasil pertanian muncul di iklan. Jangan lupa untuk membuka akun khusus produkmu. Sehingga saat produkmu dilihat oleh banyak orang melalui iklan, maka mereka akan mengunjungi akun mu dan mulai memesan. Seperti iklan dari salah satu produk pakaian lokal dibawah ini.

Gambar 1. Iklan Thenblank yang Muncul di Instagram’s Story

Cara lain yang dapat digunakan untuk memasarkan sayuran dan buah-buahan mu adalah melalui instagram, twitter, maupun facebook. Unggahan foto yang estetis dipadukan dengan kata-kata yang menarik, akan cukup mampu menggaet pengikut di akun facebook, instagram atau twitter mu. Konten yang kamu pakai sebagai pelengkap foto bisa berupa penjelasan produk yang kamu tawarkan atau berupa saran pengolahan sayuran atau buah yang ditawarkan.

Gambar 2. Digital Marketing dari Thenblank Menggunakan Twitter

Selain kedua cara diatas, website juga dapat digunakan sebagai alternatif pemasaran sayuran dan buah-buahan hasil pertanianmu. Pemasaran jenis ini sangat cocok untuk mendeskripsikan produk mu dengan sangat detail, mulai dari nama produk, harga per satuan atau per kg, diameter dan panjang sayur atau buah, tipe penanaman (organik atau bukan), hingga rasa yang dihasilkan dari buah atau sayur yang dijual. Spesifikasi lengkap mampu memberikan gambaran yang jelas pada calon pembeli. Sehingga mereka mampu membayangkan sayuran dan/atau buah yang akan mereka terima.

Gambar 3. Pemasaran Thenblank melalui Website thenblank.com

Maksimalkan penjualan sayuran dan buah-buahan mu dengan metode digital marketing, yuk. Bergegaslah untuk semakin maju atau kamu akan tersingkir. Nah, bagi kalian yang ingin tahu lebih dalam tentang digital marketing, kalian bisa mengikuti KELAS SEKOLAH DIGITAL URBAN FARMING INDONESIA. Materi yang akan dipelajari dari kelas ini dapat dilihat dari jadwal ini ya. Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Cs : 0895 3922 41999.

Gambar 4. Jadwal Kelas Sekolah Digital Urban Farming Indonesia

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *