TENTANG MANFAAT BERKEBUN DI RUMAH’ DGN MENGGUNAKAN STARTER KIT

Selama terjadinya pandemi corona covid-19 ini membuat masyarakat memiliki waktu luang di rumah. Melakukan pekerjaan dirumah tentunya memiliki banyak keuntungan, diantaranya ikut serta menjaga protokol kesehatan dan menemukan hobi-hobi baru untuk dilakukan dengan keluarga yang contohnya adalah berkebun. Berkebun kini tidak harus di tempat yang luas dan harus memiliki peralatan yang rumit. Perkarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk mulai menanam dari sayur hingga tanaman herbal. Kini muncul berbagai solusi cerdas untuk bisa menumbuhkan tanaman di media sempit, seperti hidroponik.

Berkebun di rumah memiliki manfaat yang bisa kita ambil yaitu

  1. Kebutuhan pangan tercukupi. Dengan menanam tanaman sendiri, kita bisa memenuhi kebutuhan sayuran sesuai kebutuhan gizi keluarga.
  2. Kualitas terjamin.
  3. Tambahan penghasilan.
  4. Perkarangan jadi lebih indah.

Selain untuk orang dewasa, berkebun juga memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, yang diantaranya

  1. Anak mengenal siklus hidup tanaman dan apa saja yang dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh sehat. Ya bermain sambil belajar, tentu lebih menyenangkan.
  2. Anak belajar bertanggungjawab dengan mengurus tanaman mereka agar dapat tumbuh sehat. Mereka juga belajar sabar menunggu dan melihat proses tumbuhnya tanaman.
  3. Mereka juga belajar sabar menunggu dan melihat proses tumbuhnya tanaman.
  4. Berkebun dapat menstimulasi panca indera anak. Anak dapat mengenal tekstur tanah, biji dan bunga, melihat aneka warna bunga dan daun yang tumbuh, mendengar suara sayuran yang dipetik atau desir angin saat berkebun di luar rumah, dan mencium wangi bunga dan segarnya tanah saat disiram dengan air.
  5. Anak belajar untuk mencintai alam dengan cara yang sederhana namun menyenangkan.
  6. Menumbuhkan kebiasaan makan makanan yang sehat. Waktu Cinta masih TK dulu, kelas mereka menanam kangkung, cabe dan okra atau lady finger. Setelah berbuah, dibagikan ke masing-masing anak.

Anda bisa memulai kegiatan berkebun dengan menggunakan metode bercocok tanam praktis bagi pemula, yaitu menggunakan starter kit. Starter kit merupakan satu paket komplit berisi peralatan media tanam, benih, pupuk dan nutrisi tanaman. Dengan paket tersebut, anda tidak perlu repot atau kebingungan saat bercocok tanam. Berikut contoh starter kita untuk hidroponik bagi pemula, yang paket starter kit terdiri dari :

  1. Bak Plastik
  2. Penutup PVC Board berlubang
  3. Netpot Food Grade
  4. Rockwool/spons
  5. ABmix Infarm daun
  6. Benih

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *